Just Bismillah Ya Rahman Ya Rahim

Alhamdulillah ampek kos masih bisa melihat matahari, ternyata di kos penghuninya dah banyak yang berleha-leha. Hari ini adalah hari yang dinanti-nanti ama warga kos bahkan ma warga di seluruh Indonesia. Hari ini adalah penetapan 1 Ramadhan 1433 H oleh pemerintah (ulil amri). TV sudah standbye buat update berita, beberapa kota di sebagian daerah di Indonesia sudah melaporkan hasil pengamatan ru’yah (melihat hilal) di sore itu, rata-rata menyatakan belum melihat hilal. Hati deg2an duerrr… menanti keputusan 1 Ramadhan. Di sela-sela menanti update dari daerah lain dan keputusan sidang isbat, ada obrolan kecil yang menurutku sangat berarti karena bertambahlah ilmu pengetahuanku.

Selama ini ketika q mengiginkan sesuatu atau mendapat masalah, q selalu membaca surat Al-Waqi’ah, dah ratusan atau ribuan kali mungkin q membaca surat ini ketika aq dalam keadaan gundah baik setelah sholat wajib atau sholat sunnah. Informasi ini aku dapatkan dari beberapa orang yang aku temui dulu yang menyarankan membaca surat ini.

Jujur baru tahun ini aku mulai membaca Alquran dengan membaca artinya, karena aku merasa dah banyak kali aku hatam membaca alquran tapi belum pernah aku hatam arti dari isi ayat Alquran. Dibenakku, aku merasa masih ada yang kurang ketika aku selesai ngaji, yaitu membaca alquran tapi tidak tahu apa isinya. Ya kadang baca artinya kadang gak sihūüėÄ *Please deh Gamcuz, kemana aja kamu selama ini???*ūüė¶ Mungkin bagi sebagian orang dah terlambat, tapi Insyaallah selama masih hidup masih ada kesempatan untuk belajar bagiku.

Lanjut dengan masalah Surat Al-Waqiah, ternyata setelah aku baca ternyata mengisahkan tentang Hari kiamat yaitu hari pembalasan yang memang sudah ditetapkan oleh Allah SWT waktu dan terjadinya. Subhanallah sungguh mencengangkan isi surat ini, dan benar-benar membuatku bergetar. Ya Allah, benar-benar aku tidak bisa membayangkan jika aku menyaksikan hari kiamat dan merasakan dasyatnya kiamat itu. Aku ga sanggup membayangkan jika aku termasuk golongan kiri, terus apa yang harus aku jawab ketika aku ditanya apa yang aku lakukan selama di dunia. Aku yang penuh dosa ini benar-benar sangat tercengang dengan isi surat ini. Aku berdoa semoga Allah selalu membimbing dan memaafkan segala dosa dan khilafku, aminnn…ūüôā Berikut isi surat Al-Waqiah, semoga bisa jadi perenungan malam ini.

“Apabila terjadi hari kiamat,¬†tidak seorangpun dapat berdusta tentang kejadiannya.¬†(Kejadian itu) merendahkan (satu golongan) dan meninggikan (golongan yang lain),¬†apabila bumi digoncangkan sedahsyat-dahsyatnya,¬†dan gunung-gunung dihancur luluhkan seluluh-luluhnya,¬†maka jadilah ia debu yang beterbangan,¬†dan kamu menjadi tiga golongan.¬†Yaitu golongan kanan. Alangkah mulianya golongan kanan itu.¬†Dan golongan kiri. Alangkah sengsaranya golongan kiri itu.¬†Dan orang-orang yang beriman paling dahulu,¬†Mereka itulah yang didekatkan kepada Allah.¬†Berada dalam jannah keni’matan.¬†Segolongan besar dari orang-orang yang terdahulu,¬†¬†dan segolongan kecil dari orang-orang yang kemudian.¬†Mereka berada di atas dipan yang bertahta emas dan permata,¬†seraya bertelekan di atasnya berhadap-hadapan.¬†Mereka dikelilingi oleh anak-anak muda yang tetap muda,¬†dengan membawa gelas, cerek dan minuman yang diambil dari air yang mengalir,¬†¬†mereka tidak pening karenanya dan tidak pula mabuk,¬†dan buah-buahan dari apa yang mereka pilih,¬†¬†dan daging burung dari apa yang mereka inginkan.¬†Dan ada bidadari-bidadari bermata indah,¬†¬†laksana mutiara yang tersimpan baik.¬†¬†Sebagai balasan bagi apa yang telah mereka kerjakan.¬†Mereka tidak mendengar di dalamnya perkataan yang sia-sia dan tidak pula perkataan yang menimbulkan dosa,¬†¬†akan tetapi mereka mendengar ucapan salam.¬†Dan golongan kanan, alangkah bahagianya golongan kanan itu.¬†¬†Berada di antara pohon bidara yang tak berduri,¬†dan pohon pisang yang bersusun-susun (buahnya),¬†¬†dan naungan yang terbentang luas,¬†dan air yang tercurah,¬†¬†dan buah-buahan yang banyak,¬†yang tidak berhenti (berbuah) dan tidak terlarang mengambilnya,¬†dan kasur-kasur yang tebal lagi empuk.¬†Sesungguhnya Kami menciptakan mereka (bidadari-bidadari) dengan langsung,¬†dan Kami jadikan mereka gadis-gadis perawan.¬†penuh cinta lagi sebaya umurnya.¬†¬†(Kami ciptakan mereka) untuk golongan kanan,¬†¬†(yaitu) segolongan besar dari orang-orang yang terdahulu,¬†dan segolongan besar pula dari orang-orang yang kemudian.¬†Dan golongan kiri, siapakah golongan kiri itu?¬†¬†Dalam (siksaan) angin yang amat panas, dan air panas yang mendidih,¬†dan dalam naungan asap yang hitam.¬†¬†Tidak sejuk dan tidak menyenangkan.¬†¬†Sesungguhnya mereka sebelum itu hidup bermewahan.¬†¬†Dan mereka terus-menerus mengerjakan dosa besar.¬†Dan mereka selalu mengatakan: “Apakah bila kami mati dan menjadi tanah dan tulang belulang, apakah sesungguhnya kami akan benar-benar dibangkitkan kembali?,¬†¬†apakah bapak-bapak kami yang terdahulu (juga)?”¬†¬†Katakanlah: “Sesungguhnya orang-orang yang terdahulu dan orang-orang yang terkemudian,¬†benar-benar akan dikumpulkan di waktu tertentu pada hari yang dikenal.¬†Kemudian sesungguhnya kamu hai orang-orang yang sesat lagi mendustakan,¬†¬†benar-benar akan memakan pohon zaqqum,¬†dan akan memenuhi perutmu dengannya.¬†Sesudah itu kamu akan meminum air yang sangat panas.¬†¬†Maka kamu minum seperti unta yang sangat haus minum.¬†¬†Itulah hidangan untuk mereka pada hari Pembalasan”.¬†Kami telah menciptakan kamu, maka mengapa kamu tidak membenarkan?¬†¬†Maka terangkanlah kepadaku tentang nutfah yang kamu pancarkan.¬†¬†Kamukah yang menciptakannya, atau Kamikah yang menciptakannya?¬†Kami telah menentukan kematian di antara kamu dan Kami sekali-sekali tidak akan dapat dikalahkan,¬†untuk menggantikan kamu dengan orang-orang yang seperti kamu (dalam dunia) dan menciptakan kamu kelak (di akhirat) dalam keadaan yang tidak kamu ketahui.¬†Dan Sesungguhnya kamu telah mengetahui penciptaan yang pertama, maka mengapakah kamu tidak mengambil pelajaran (untuk penciptaan yang kedua)?¬†Maka terangkanlah kepadaku tentang yang kamu tanam.¬†Kamukah yang menumbuhkannya atau Kamikah yang menumbuhkannya?¬†¬†Kalau Kami kehendaki, benar-benar Kami jadikan dia hancur dan kering, maka jadilah kamu heran dan tercengang.¬†¬†(Sambil berkata): “Sesungguhnya kami benar-benar menderita kerugian”,¬†bahkan kami menjadi orang-orang yang tidak mendapat hasil apa-apa.¬†¬†Maka terangkanlah kepadaku tentang air yang kamu minum.¬†Kamukah yang menurunkannya atau Kamikah yang menurunkannya?¬†Kalau Kami kehendaki, niscaya Kami jadikan dia asin, maka mengapakah kamu tidak bersyukur?¬†¬†Maka terangkanlah kepadaku tentang api yang kamu nyalakan (dengan menggosok-gosokkan kayu).¬†¬†Kamukah yang menjadikan kayu itu atau Kamikah yang menjadikannya?¬†¬†Kami jadikan api itu untuk peringatan dan bahan yang berguna bagi musafir di padang pasir.¬†Maka bertasbihlah dengan (menyebut) nama Rabbmu Yang Maha Besar.¬†Maka Aku bersumpah dengan masa turunnya bagian-bagian Al-Quraan.¬†Sesungguhnya sumpah itu adalah sumpah yang besar kalau kamu mengetahui.¬†¬†Sesungguhnya Al-Quraan ini adalah bacaan yang sangat mulia,¬†pada kitab yang terpelihara (Lauhul Mahfuzh),¬†¬†tidak menyentuhnya kecuali orang-orang yang disucikan.¬†¬†Diturunkan dari Rabbil ‘alamiin.¬†¬†Maka apakah kamu menganggap remeh saja Al-Quraan ini?¬†kamu mengganti rezki (yang Allah berikan) dengan mendustakan Allah.¬†Maka mengapa ketika nyawa sampai di kerongkongan,¬†¬†padahal kamu ketika itu melihat,¬†¬†dan Kami lebih dekat kepadanya dari pada kamu. Tetapi kamu tidak melihat,¬†¬†maka mengapa jika kamu tidak dikuasai (oleh Allah) ?¬†Kamu tidak mengembalikan nyawa itu (kepada tempatnya) jika kamu adalah orang-orang yang benar?¬†¬†adapun jika dia (orang yang mati) termasuk orang-orang yang didekatkan (kepada Allah),¬†¬†maka dia memperoleh ketenteraman dan rezki serta jannah keni’matan.¬†Dan adapun jika dia termasuk golongan kanan,¬†maka keselamatanlah bagimu karena kamu dari golongan kanan.¬†Dan adapun jika dia termasuk golongan yang mendustakan lagi sesat,¬†maka dia mendapat hidangan air yang mendidih,¬†¬†dan dibakar di dalam jahannam.¬†Sesungguhnya (yang disebutkan ini) adalah suatu keyakinan yang benar.¬†Maka bertasbihlah dengan (menyebut) nama Rabbmu yang Maha Besar.” (QS. Al-Waqiah)

Nah menyambung surat Al-Waqiah, akhir2 ini aku baca untuk menenangkan aku yang lagi dirudung kegalauan *istilah anak gaul sekarang*ūüôā Eh menurut temen kosku yang namanya mbak Derisa, dia nyaranin aku buat membaca Surat¬†Alam-Nasyrah. Setelah aku baca artinya wow aku sangat mengagumi kalimat Allah SWT yaitu “Karena sesungguhnya sesudah kesulitan itu ada kemudahan,¬†sesungguhnya sesudah kesulitan itu ada kemudahan.” ¬†

Yups bener sekali bahwa kemudahan akan kita dapati setelah kita lalui masa sulit, begitulah siklus hidup. Kuncinya sabar dan terus berdoa serta tetap istiqomah, dan jangan lupa berusaha untuk lepas dari kesulitan dengan cara yang baik dan benar, insyallah kesulitan itu terasa ringan.  Berikut isi dari surat Alam-Nasyrah :

“Bukankah Kami telah melapangkan untukmu dadamu?,¬†¬†dan Kami telah menghilangkan daripadamu bebanmu,¬†¬†yang memberatkan punggungmu.¬†¬†Dan Kami tinggikan bagimu sebutan (nama)mu.¬†Karena sesungguhnya sesudah kesulitan itu ada kemudahan,¬†sesungguhnya sesudah kesulitan itu ada kemudahan.¬†Maka apabila kamu telah selesai (dari sesuatu urusan), kerjakanlah dengan sungguh-sungguh (urusan) yang lain,¬†dan hanya kepada Tuhanmulah hendaknya kamu berharap.” (QS.¬†Alam-Nasyrah)

Nah atas informasi dari mbak Derisa bertambahlah ilmuku, alhamdulillah. Semoga aku bisa jadi umat yang lebih baik dengan terus belajar.ūüôā

Oiya hasil sidang isbat pun dah diputuskan. Malam ini pemerintah telah menetapkan keputusan yang didasarkan pengamatan hilal dan hisab menyatakan bahwa 1 Ramadhan 1433H ¬†jatuh pada 21 Juli 2012. Berdarkan keyakinan dan ayat dan hadist yang telah kubaca serta diperkuat dengan informasi dari semua ormas islam yang terlibat dalam sidang isbat, aku putuskan dengan membaca Bismillahirahmannirahim… aku ikut hasil dari sidang isbat malam ini. Insyallah perbedaan yang ada bisa menjadi khazanah buat kita agar kita tetap belajar. Semoga tahun depan kita semua umat islam di Indonesia bisa sama dalam penetapan bulan Ramadhan, aminnn sehingga ukhuwah islamiyah kita semakin erat, aminnn….

Buat teman-teman semua, Selamat Menunaikan Ibadah Puasa, semoga puasa tahun ini bisa menjadi bulan berkah bagi kita semua, aminnnn….. Mohon Maaf lahir dan Bathin Ya…ūüôā

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Awan Tag

%d blogger menyukai ini: