Just Bismillah Ya Rahman Ya Rahim

Pertama denger pasti langsung tanya apaan c PLC ntu??? nah PLC dulu ntu jadi salah satu mata kuliahku dulu masih jaman muda hahahaha

Eh pas tes kerja pada salah satu perusahaan manufacture, eh ditanya soal PLC hohohoho weks sempet kagok sih, nah ini topik dah q kuasai jaman muda banget, dan setelah lulus alhasil dah lupa, secara q ambil konsentrasi Telekomunikasi yang notabene jauh dari PLC, biasanya c PLC identik ma konsentrasi Control (Automasi).

Setelah tes selesai, q jadi kepikiran tentang PLC, busyet deh gara-gara PLC q jadi ga bisa bobok (hahahah lebay mode : on)

Untuk memuaskan dan menjawab semua pertanyaanq akhirnya q searching2 deh di internet. Dan alhasil q nemuin beberapa artikel tentang PLC, ya mungkin ga banyak c, cuman bisa mengobati keingintahuanq gara-gara tes interview waktu itu.

Nie dia hasilnya :

PLC (Programmable Logic Controller) merupakan sistem yang dapat memanipulasi, mengeksekusi, dan atau memonitor keadaan proses pada laju yang amat cepat,  dengan dasar  data yang bisa diprogram  dalam  sistem  berbasis mikroprosesor  integral. PLC menerima masukan dan menghasilkan  keluaran sinyal-sinyal listrik untuk mengendalikan suatu sistem. Dengan  demikian besaran-besaran fisika dan kimia yang dikendalikan, sebelum diolah  oleh PLC, akan diubah menjadi sinyal listrik baik analog maupun digital,yang merupakan data dasarnya.. Karakter  proses yang dikendalikan oleh PLC sendiri  merupakan proses yang sifatnya bertahap, yakni proses itu berjalan  urut untuk mencapai kondisi akhir yang diharapkan. Dengan kata lain proses  itu terdiri beberapa subproses, dimana subproses  tertentu  akan berjalan sesudah  subproses  sebelumnya  terjadi.  Istilah umum  yang digunakan  untuk proses yang berwatak demikian ialah  proses sekuensial (sequential process). Sebagai perbandingan, sistem kontrol yang  populer selain PLC, misalnya Distributed Control System (DCS), mampu  menangani proses-proses yang  bersifat sekuensial dan juga  kontinyu  (continuous process) serta mencakup loop kendali yang relatif banyak.

Piranti Penyususnan PLC

  1. Modul Catu daya.
  2. Modul CPU.
  3. Modul Perangkat Lunak.
  4. Modul I/O.
PLC

PLC

PLC Dibandingakan Dengan Control System Yang Lain

PLC banyak digunakan oleh perusahaan manufacture karena sistemnya yang terdiri dari input dan output yang selalu compatible dengan mesin-mesin  manufacture. Selain itu karena mesin-mesin yang digunakan dalam perusahaan manufacture membutuhkan cost yang relative mahal belum lagi dengan biaya maintenance maka PLC hadir untuk memberi solusi karena penggunaan PLC yang relatif murah dan maintenace juga mudah.

Sumber : http://www.elektroindonesia.com dan http://en.wikipedia.org

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Awan Tag

%d blogger menyukai ini: