Just Bismillah Ya Rahman Ya Rahim

Protokol WAP

Wireless Application Protocol atau lebih dikenal dengan WAP adalah sebuah protokol yang memungkinkan sebuah ponsel untuk mengakses internet secara langsung, dimana ponsel tersebut dilengkapi dengan Micro Browser, yaitu sebuah program yang berfungsi sebagai browser seperti Netscape atau Microsoft Internet Explorer yang ada pada PC.

Ada beberapa versi WAP antara lain WAP 1.2.1 dan 2.0. WAP 1.2.1 hanya dapat menampilkan halaman sederhana saja dibandingkan dengan WAP 2.0 yang mendukung bahasa xhtml dan gambar. WAP di buat pertama kali sebagai protokol komunikasi bergerak yang tidak bergantung pada sistem tertentu. WAP dirancang sebagai bagian dari sistem di masa depan sama halnya dengan Bluetooth dan GPRS.

Arsitektur WAP tidak berbeda dari  arsitektur WWW. Sebenarnya arsitektur WAP didasarkan pada arsitektur WWW yang ada. Walaupun arsitektur WAP berdasarkan teknologi web yang ada, WAP memiliki banyak optimasi untuk transfer data wireless.

Protokol WAP

Protokol WAP

Gambar Protokol WAP

Sumber : Mobile Communication Laboratory STT Telkom, 2002:7

WAP merupakan protokol komunikasi bergerak yang terdiri dari beberapa layer dan dapat dijalankan pada sistem jaringan yang berbeda.WAP terdiri dari lima protokol yaitu :

1. Wireless Application Environment (WAE)

    Wireless Application Environment ini memiliki fungsi dasar untuk menggabungkan World Wide Web (WWW) dengan teknologi telepon seluler. Objek pokok yang diterapkan pada WAE ini adalah mengatur operasi-operasi yang diterapkan oleh operator dan penyedia layanan untuk membangun aplikasi dan layanan yang dapat diraih melalui piranti wireless yang berbeda sehingga menghasilkan efisiensi dan data yang berguna. Layer ini mendukung 3 aplikasi, yaitu Wireless Mark-up Language (WML), WML-Script, dan Wireless Telephony Application (WTA). WML merupakan bahasa pemograman yang dikhususkan untuk mobile terminal. WML-Script merupakan pendukung antar muka pada WML seperti halnya Javascript pada HTML. WTA merupakan aplikasi yang dapat berupa format data, gambar, informasi kalender atau buku telepon.

    2. Wireless Session Protocol (WSP)

      Wireless Session Protocol, yaitu layer session yang mengkontrol lalu lintas aplikasi sebelum sampai ke layer WAE. WSP ini berfungsi memeriksa format data, konversi data, dan atau pengkodean yang ditransmisikan misalnya:

      – memeriksa kebenaran data antar user

      – memeriksa nomor pesan yang dikirim

      – menyinkronkan data transaksi

            3. Wireless Transaction Protocol (WTP)

            Wireless Transaction Protocol, yaitu layer transaksi dimana dilakukan cek apakah data berhasil dikirim atau belum dan melakukan pengiriman kembali sekiranya data tidak terkirim.

            4.   Wireless Transport Layer Security (WTLS)

            Wireless Transport Layer Security, yaitu layer keamanan (security) dimana dilakukan enkripsi data untuk pengiriman data sensitif yang tidak dapat diketahui oleh umum. WTLS adalah protokol untuk keamanan data yang disesuaikan oleh standar industri Transport Layer Security (TLS) yang mendukung Secure Socket Layer (SSL).

            5.   Wireless Datagram Protocol (WDP)

            Wireless Datagram Protocol, yaitu layer transport yang merupakan interface protokol aplikasi dengan bearer service (jaringan wireless ). Layer ini pengontrolan transmisi data dapat diatur, apakah menggunakan mekanisme UDP yang bersifat connectionless atau mobile IP yang bersifat connection-oriented.

            Tinggalkan Balasan

            Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

            Logo WordPress.com

            You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

            Gambar Twitter

            You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

            Foto Facebook

            You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

            Foto Google+

            You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

            Connecting to %s

            Awan Tag

            %d blogger menyukai ini: