Just Bismillah Ya Rahman Ya Rahim

Dunia telekomunikasi dan informasi tidak akan pernah berhenti berkembang, hal ini dikarenakan permintaan pasar akan kemudahan dalam berkomunikasi satu dengan yang lainnya. Banyak produk komunikasi menawarkan produk dengan teknologi yang berbeda-beda yang mendukung aktifitas sehari-hari. Hal ini sangat menarik bagi konsumen yang haus akan teknologi komunikasi dan informasi, karena bagi mereka produk-produk tersebut merupakan kebutuhan primer yang dapat mendukung suksesnya aktifitas mereka.

Salah satu produk telekomunikasi adalah telepon seluler atau lebih dikenal dengan handphone. Teknologi seluler yang berkembang saat ini adalah 3G (Third Generation) yaitu teknologi seluler yang mempunyai kecepatan data hingga 2 Mbps pada keadaan stasik pada suatu tempat. Sehingga kini handphone dapat memaksimalkan fungsinya, contohnya aplikasi video streaming dapat berjalan cukup baik dengan menggunakan teknologi 3G. Salah satu produk telekomunikasi yang lainnya adalah webcam. Webcam adalah kamera real-time yang gambarnya bisa diakses atau dilihat melalui World Wide Web, program instant messaging, atau aplikasi video call. Webcam juga cukup murah dan mudah terintegrasi dengan komputer melalui kabel USB (Umiversal Serial Bus).

Salah satu keinginan setiap orang adalah melakukan segala sesuatu dengan praktis, salah satu contohnya adalah untuk pengawasan suatu ruangan tanpa perlu berada dalam ruangan tersebut. Hal ini tercermin pada kehidupan nyata, terkadang kita merasa was-was dengan kondisi kendaraan kita di tempat parkir, padahal tempat pakir umum sudah dilengkapi dengan penjaga parkir. Namun tetap saja sebagai pemilik kendaraan, kita sering mengecek kondisi kendaraan kita. Hal inilah yang terkadang menjadi kondisi yang merepotkan.

Seperti kita ketahui, banyak sekali sistem monitoring ruangan yang sudah dipakai oleh masyarakat. Tetapi sistem monitoring yang ada, hanya dapat diakses melalui televisi atau komputer. Sehingga untuk memonitoring suatu ruangan hanya dapat diakses pada suatu tempat tertentu dan oleh pihak tertentu saja. Contoh sistem monitoring yang telah ada adalah menggunakan kamera CCTV (Closed-circuit television), namun kamera ini cukup mahal dan apabila ingin diintegrasikan dengan komputer harus menambah interface lagi yaitu DVR card.

Hal ini yang mendasari pembuatan skripsi ini yaitu mengenai sistem monitoring tempat parkir dengan menggunakan webcam yang dapat diakses melalui handphone secara real-time oleh siapapun. Sehingga dapat memonitoring dengan praktis karena handphone dapat dibawa kemana saja dan kapan saja. Agar dapat diakses melalui handphone maka perlu untuk membangun WAPsite sebagai sarana pertukaran data pada internet. Untuk membangun WAPsite maka digunakan bahasa pemrograman yaitu XML (eXtensible Markup Language) dan PHP (Perypheral Hypertext Preprocessor) agar WAPsite bersifat dinamis.

Berikut adalah rancangan blok sistem monitoring tempat parkir.

rancangan-sistem



Comments on: "Monitoring teMpat parkir dengan metode streaming" (2)

  1. mbak bisa dipesan utuk rumahku, biar klo ada orang beli bis dilihat ha ha ha ha he he he sucses for you

  2. kak,ada referenci tidak?boleh share ilmu n informasinya? topk tugas saya seperti ini?mohon dibantu ya kak?

    Regards

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Awan Tag

%d blogger menyukai ini: